Tuesday, March 13, 2018

GERAKAN SANGE DI TONG


Tulisan ini Saya tujukan kepada semua teman teman kami , kakak kakak kami , adek adek kami dan semua halayak umum yang sekarang sedang kecanduan game mobile legend, atau yang sering kami namakan jamaah al mobile legendniah.

Tulisan ini lahir atas dasar keresahan kami para anggota khasanah pertongkrongan di negeri ini yang sudah mulai tidak nyaman ketika melihat para anggota khasanah pertongkrongan lain lebih asyik dan nyaman sendiri dengan game mobile legend.

Pergerakan mereka sangat masif dan sistemasif, mereka melakukan ritual ini (ngegame ML) dengan kesadaran penuh tanpa peduli dengan lingkungan sekitar di khasanah pertongkrongan. Terkadang cenderung brutal dan spartan mengobarkan sebuah ikatan pertemanan dan persaudaraan.

Jujur sebagai salah satu korban yang sering di duakan oleh teman gara gara ngegame, saya begitu amat kesal. Ini bukan pertama kali nya saya menjadi korban teman yang keranjingan ngegame. Pada medio 2015-2016 saya begitu tidak dipedulikan , di acuh kan oleh mereka yang begitu asyik dengan game COC. Hingga rasa nya saya merasa seperti kecoa , di pinggirkan dan diasingkan.

Saya merasa bahwa devinisi bermain game sudah berubah total. Bermain game yang sejatinya bisa memberikan treatmen atas kejenuhan dalam beraktifitas, pada akhirnya berubah menjadi sebuah wabah perusak hubungan silaturahmi. Tujuan menulis ini bukan berarti Saya benci dengan game , atau anti dengan mobile legend, saya hanya menyayangkan saja kenapa mereka melakukan kegiatan yang seharus nya bisa di lakukan di rumah tetapi harus di lakukan di tongkrongan. Tongkrongan yang seharusnya menjadi tempat suci untuk kita bisa berbagi cerita , keluh kesah canda tawa sesama teman senasib dan seperjuangan harus di korbankan hingga berakibat menurunnya kualitas sebuah hubungan.

Tapi berdasarkan pengalaman, ngambek dan ngeluh bukanlah solusi. Untuk itu agar tidak adalagi korban korban berjatuhan serta melindungi dan menjaga keutuhan khasanah pertongkrongan saya mengajak semua masyarakat indonesia yang peduli dengan nasib khasanah pertongkrongan untuk bergabung bersama saya dalam membentuk sebuah gerakan mulia yang saya beri nama gerakan “SANGE DI TONG” (Sekumpulan Anti NGEgame DI Tongkrongan).

Gerakan ini di lakukan di setiap tongkrongan apabila para jamaah al mobile legendniah sedang melakukan ritual nya dengan cara
.
1.       Telpon nomer jamaah
Jika kita sedang bermain Mobile legend dan ada panggilan telpon, maka notifikasinya akan muncul ke layar utama. Getaran serta nada deringnya pun akan nyala sebagaimana biasanya, hal ini membuat konsentrasi para jamaah al mobile legendniah pecah dan ketika ia memilih untuk mengangkat telpon, sekembalinya ia ke arena ritual besar kemungkinan heronya sudah mati, nyangsang ke turret musuh dan dibanjiri umpatan dari teman setim. "Dasar Noob AFK.". cara ini cukup efektif untuk menghentikan para jamaah al mobile legendniah berhenti melakukan ritual nya, maka lakukan sebanyak banyak sampai mereka jera.

2.       Matiin wifi
Cara ini berlaku jika para jamaah sedang numpang wifian di rumah atau numpang thetring di hape kalian. Biasa nya dalam melakukan ritual mobile legend sinyal awut awutan aja sangat mengganggu, apalagi kalau WiFi yang dimatiin. Hero yang dipakai para jamaah pasti akan seketika lari-lari di tempat dan bertubi-tubi dikeroyok musuh.

3.       tekan tombol lock atau home
Cara ini cukup terbilang membutuhkan keberanian, karena kita akan langsung mendatangi TKP ritual. Dengan cara menekan tombol lock atau home di pastikan akan keluar dari aplikasi, dan untuk dapat kembali ke area ritual membutuhkan waktu lama.

Mungkin itu beberapa cara yang bisa mengganjal para jamaah al mobile legendniah agar tersandung dalam melakukan ritual nya. jika memang teman teman mempunyai cara juga tolong tulisakan cara tersebut di kolom komentar. Agar cita cita mulia kita dalam melindungi khasanah pertongkrongan bisa terwujud.

Jika memang gerakan ini juga belum efektif, maka kita akan mendesak MUI untuk memberikan fatwa Haram bermain mobile legend, karena bisa merusak silaturahmi.

Kalau perlu, bikin petisi di Change.org untuk developer Mobile Legends. Paksa mereka untuk menambah fitur notifikasi “Jangan Maen pas nongkrong” untuk pemain yang sudah bermain lebih dari 1 jam/harI, membuat versi premium dengan tarif 5 juta/bulan untuk pemain yang bermain di atas 10 jam/bulan, dan mem-block pemain yang di tegur temen tongkrongan nya tapi masih bandel.

Jika masih nggak ngefek juga, kita laporkan Mobile Legends ke Kementerian Informasi dan Informatika. Nanti saya bantu viralkan lewat bom artikel di blog ini seminggu penuh.

Mari kita bersama sama satukan tujuan kita untuk menjadikan khasanah pertongkrongan kembali asyik. Salam Sange di tong.
MRH


0 comments:

Post a Comment